Langsung ke konten utama

WASPADA !! Begini Akibatnya Jika Perang Nuklir Korea Utara dan AS Terjadi & Akan Seperti Apa Nasib Rakyat Negara Indonesia ??

Kapal induk USS Carl Vinson dikawal sejumlah kapal perang (AFP)

Tiongkok pun ikut meramaikan suasana. Pada 11 April 2017, China dilaporkan telah mengerahkan 150.000 pasukannya ke perbatasan Korea Utara sebagai persiapan menghadapi kemungkinan serangan Amerika Serikat.

Hal ini merupakan respons atas tindakan AS yang pada beberapa hari sebelumnya telah mengirimkan kapal induk USS Carl Vinson dari Singapura ke Korea Utara.

Pasukan China tersebut, dikerahkan untuk menangani adanya gelombang pengungsi Korea Utara dan sejumlah keadaan tak terduga.

Melihat situasi itu, negeri tetangga Korut, Korea Selatan, merasa khawatir dengan meningkatnya tensi militer di Semenanjung Korea.

Untuk memahami mengenai seberapa dekat kita dengan kemungkinan konflik terbuka di Semenanjung Korea, Liputan6.com merangkum 5 skenario terburuk yang mungkin dapat terjadi di Korea Utara pada beberapa waktu kedepan. Rangkuman ini merupakan hasil analisis Jeffrey Lewis, direktur East Asia Nonproliferation Program dari Middlebury Institute of International Studies, seperti yang diwartakan Vox, Rabu, (11/4/2017).

Berikut 5 skenario terburuk Amerika Serikat versus Korea Utara:

1. Kim Jong-un Melakukan Tindakan Gila



Faktanya adalah, Kim Jong-un memang memiliki misil jarak jauh. Dan, hulu ledak nuklir.

Fakta lain juga adalah, Korea Utara telah lama mempersiapkan diri mereka secara sistemik dan struktural untuk kemungkinan menerima serangan dan konflik terbuka dengan negara lain.

Uji coba misil jarak jauh mereka diprediksi oleh pengamat mampu menempuh sejumlah jarak untuk mengenai sasaran basis militer AS di Korea Selatan dan Jepang.

Andaikata serangan itu berhasil dilakukan, maka dampaknya mungkin akan cukup serius bagi AS untuk melakukan serangan balasan secara efektif.

Skenario itu masih bersifat 50/50. Karena, meski Kim memiliki hulu ledak nuklir, dunia masih belum mengetahui secara pasti apakah nuklir itu akan efektif.

Tapi tunggu, kehadiran Presiden Donald Trump dalam kancah perpolitikan global diprediksi dapat menjadi bandul pemberat bagi situasi di Korea Utara.

Pengamat memprediksi bahwa sikap Trump yang eksentrik dan sulit ditebak dapat memberikan kesan bagi Kim Jong-un bahwa AS akan sungguh-sungguh menyerang Pyongyang.

2. Saling Serang Korut Vs Korsel



Secara teknis, dua negara saudara-sebangsa itu masih dalam kondisi perang sejak Perang Korea pecah pada tahun 1950 hingga 1953. Enam puluh empat tahun kemudian, dua negara itu belum menandatangani perjanjian damai -- baru gencatan senjata. 

Muncullah, Demilitarized Zone (DMZ) pada perbatasan kedua negara. Tensi militer pada perbatasan itu cukup tinggi dan seringkali diprovokasi oleh Korea Utara. Seperti penanaman ranjau yang melukai tentara Korea Selatan, penenggelaman kapal Korsel di wilayah perairan DMZ, dan pencatutan pulau Korsel oleh Korut.

Lewis menilai, skenario buruk dapat terjadi apabila Korsel melakukan provokasi balasan. Negeri Ginseng dilaporkan memiliki sejumlah misil kendali jarak jauh yang khusus ditujukan untuk menyerang Kim Jong-un.

Namun, serangan balasan berupa hantaman nuklir dari Kim juga ditakutkan oleh Korea Selatan.

Maka, kata Lewis, hanya menunggu waktu hingga Korut melakukan provokasi yang kelewat batas dan Korsel telah habis kesabaran.

3. Donald Trump Meremehkan Korut



Skenario yang sama kala George W. Bush memutuskan menginvasi Irak pada tahun 2003 : "Itu hal yang mudah." 

Nyatanya, intervensi militer di Negeri 1001 Malam itu harus berlangsung selama satu dekade penuh, hingga akhirnya Obama menarik mundur seluruh pasukan tempur AS pada tahun 2013.

Arogansi dan kebiasaan meremehkan negara Irak dan--kini Korut -- inilah yang mungkin akan terjadi jika Trump mengambil keputusan yang sama dengan anak George Bush itu.

Dan, melihat karakter Trump yang eksentrik serta sulit diprediksi, bisa saja dengan enteng sang presiden AS ke-45 itu memengaruhi dan mendapat persetujuan Kongres AS, menghimpun koalisi, serta menginvasi Kim Jong-un. Tapi yang tidak ia pikirkan adalah, apakah mungkin invasi akan berlangsung efisien dan efektif?

Mungkin Donald Trump harus belajar tentang pepatah 'belajar dari sejarah.'

4. Jepang Melibatkan Diri dalam Konflik



Negeri Sakura cenderung diam pada tensi militer di Semenanjung Korea yang tak berada jauh dari wilayahnya.

Namun, ada indikasi bahwa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga ingin memiliki misil kendali jarak jauh yang dapat dibeli dari AS. Dan, jika Jepang juga akan memilikinya, tensi militer kian meningkat.

Menurut Lewis, hanya tinggal menunggu waktu untuk skenario terburuk dapat terjadi ketika hampir seluruh negara di Asia Timur memiliki rudal jarak jauh. 

Horor Perang Dunia III bukan tak mungkin terjadi di tengah situasi politik global yang karut-marut.

5. Runtuhnya Rezim Kim Jong-un



Sejarah membuktikan, jika suatu rezim mengalami kehancuran dari dalam, konflik terbuka cenderung turut mengikuti.

Lihat saja Bosnia-Herzegovina, Libya, atau Suriah. Pada akhirnya membentuk 'negara gagal' (failed state).

Tak hanya rezim, kondisi sosial-masyarakat juga akan mengalami kehancuran.

Korut memiliki sejarah krisis kemanusiaan pada tahun 1990an, seperti kelaparan dan penyakit.

Dan, jika internasional memutuskan untuk melakukan intervensi, situasi seperti di Suriah -- yang jadi lokasi proxy war antara Rusia dan AS -- mungkin dapat terjadi pula di Korut. Gelombang pengungsi kemungkinan terjadi. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Pabrik penjual organ tubuh manusia

Pabrik penjual organ tubuh manusia Sebuah pabrik di Rusia panen ginjal, kornea mata dan bagian-bagian tubuh manusia lainnya untuk dijualTubuh dikumpulkan dari pengemudi yang mabuk tewas dalam kecelakaan mobil, orang-orang yang tinggal sendirian yang telah mati beku di musim dingin, penjahat di penjara atau tak dapat dijelaskan kematian dan tubuh yang tidak diklaim. Beberapa bagian tubuh dan tulang dijual ke Perguruan tinggi di berbagai belahan dunia .. Tulang kaki diekspor ke apotik di Irlandia dan Jerman untuk membuat tambalan gigi yang populer di Eropa.

5 Anak Paling Gemuk Di Dunia

5 Anak Paling Gemuk Di Dunia - Kegemukan bukan cuma diderita oleh orang dewasa. Anak-anak pun mengalaminya. Makanan mereka tidak diperhatikan hingga akhirnya menelan apa pun dan membuat mereka 'lebar'.  Setidaknya ada lima anak super gemuk dan satu berat mereka sama dengan timbangan empat orang model wanita dewasa. Mereka makan hingga ada yang sembilan kali sehari, belum termasuk camilan. Berikut adalah  5 Anak Paling Gemuk Di Dunia seperti yang d ilansir dari situs coolweirdo.com : 1. Jessica Gaude Jessica Gaude asal Amerika Serikat memegang rekor sebagai anak paling gemuk sejagat. Dia makan saban dua jam dan jika tidak diberi santapan Gaude bakal ngamuk serta melempar seluruh perabotan rumah.  Total makanannya sehari mencapai 10 ribu kalori. Dia tak dapat berjalan dan melakukan gerakan apa pun.  Jika ingin berpindah tempat Gaude menggelinding persis galon air mineral. Gaude sanggup meminum 20 botol soda, 15 roti lapis, dan 12 kilogram cokelat dalam sehari. Sarapan paginya

10 Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah

10 Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah - Hantu merupakan salah satu momok paling populer di dunia. Beragam cara dilakukan oleh masyarakat dan budaya untuk menyingkirkan sosok yang diyakini sebagai roh orang meninggal ini. Hantu juga merupakan bagian dari budaya, mitos, bahkan kultur.  Kehadirannya cukup memberikan nuansa tersendiri bagi kehidupan manusia.  Tak jarang juga Hantu menjadi salah satu tema beberapa film. Hantu juga sering dikaitkan dengan daerah, paranormal, dukun, santet, kesurupan, angker dan lain lain.  Nah, bagaimana cara manusia mengusir Hantu dari rumah? Berikut adalah  10 Cara Mengusir Hantu Dari Dalam Rumah : 1. Tapal Kuda Keyakinan ini berasal dari cerita rakyat Inggris abad ke-16. Mungkin yang paling terkenal dari sekian banyak cara mengusir hantu dari dalam rumah adalah adalah tapal kuda. Dipercaya untuk mengusir roh jahat atau penyihir untuk memasuki rumah, serta membawa keberuntungan bagi semua orang yang lewat. Caranya, tapal kuda harus tergantung di atas